Perintah DDL, DML dan DCL pada Mysql

Hay teman-teman..
ketemu kembali di blog semukan..

Kali ini saya akan shere masih mengenai database mysql yaitu Apa itu DDL DML dan DCL. SQL merupakan singkatan dari Structured Query Language. 

SQL atau juga sering disebut sebagai query merupakan suatu bahasa (language) yang digunakan untuk mengakses database.



Secara umum, SQL terdiri dari tiga bahasa, yaitu Data Definition Language(DDL), Data Manipulation Language (DML) dan Data Control Language (DCL). Implementasi DDL, DML dan DCL berbeda untuk tiap sistem manajemen basis data(SMBD), namun secara umum implementasi tiap bahasa ini memiliki bentuk standar yang ditetapkan ANSI.

Perintah DDL, DML dan DCL pada Mysql

Jadi, perintah SQL pada semua software database hampir sama. Untuk lebih lengkapnya teman bisah ke artikel saya sebelumnya Pengertian database dan Tipe data pada databases di Mysql.

Ok teman-teman silahkan simak tiga (3) Perintah pada Mysql.


1.  DDL (Data Definition Language)

DDL merupakan perintah SQL yang berhubungan dengan pendefinisian suatu struktur database yang digunakan untuk membuat, mengubah dan menghapus struktur dan definisi metadata dari objek-objek database.

Beberapa perintah dasar yang termasuk DDL ini antara lain : 

a. CREATE
Perintah ini digunakan untuk membuat, termasuk diantaranya membuat database baru, tabel baru, view   baru, dan kolom.

b. ALTER
Perintah ini digunakan untuk mengubah struktur tabel yang telah dibuat. Pekerjaannya mencakup mengganti nama tabel, menambah kolom, mengubah kolom, menghapus kolom, maupun memberikan atribut pada kolom.

c. RENAME
Perintah yang digunakan untuk merubah nama Objek

d. DROP
Perintah ini digunakan untuk menghapus database dan tabel.


2.  DML (Data Manipulation Language)

DML merupakan perintah SQL yang digunakan untuk proses pengolahan isi data di dalam table seperti memasukkan, merubah dan menghapus isi data - dan tidak terkait dengan perubahan struktur dan definisi tipe data dari objek database.

Perintah SQL yang termasuk dalam DML antara lain :

a. UPDATE
Perintah ini digunakan untuk memperbaharui data lama menjadi data terkini. Jika anda memiliki data yang salah atau kurang Up To Date dengan kondisi sekarang, maka dapat diubah isi datanya dengan menggunakan perintah UPDATE.

b. INSERT
perintah ini digunakan untuk menyisipkan atau memasukkan data baru ke dalam tabel. Penggunaannya setelah database dan tabel selesai dibuat.

c. SELECT
Perintah ini digunakan untuk mengambil data atau menampilkan data dari satu tabel atau beberapa tabel dalam relasi. Data yang diambil dapat kita tampilkan dalam layar prompt MySQL secara langsung maupun ditampilkan pada tampilan aplikasi.

d. DELETE
Perintah ini digunakan untuk menghapus data dari tabel. Biasanya data yang dihapus adalah data yang tidak diperlukan lagi. Pada saat menghapus data, perintah yang telah dijalankan tidak dapat digagalkan, sehingga data yang telah hilang tidak dapat dikembalikan lagi.


3.  DCL (Data Control Language)

DCL merupakan perintah SQL yang berhubungan dengan manipulasi user dan hak akses (priviledges).

Perintah SQL yang termasuk dalam DCL antara lain :

a. GRANT
Perintah ini digunakan untuk memberikan hak / izin akses oleh administrator (pemilik utama) server kepada user (pengguna biasa). Hak akses tersebut berupa hak membuat (CREATE), mengambil (SELECT), menghapsu (DELETE), mengubah (UPDATE) dan hak khusus berkenaan dengan sistem databasenya.

b. REVOKE
perintah ini memiliki kegunaan terbalik dengan GRAND, yaitu untuk menghilangkan atau mencabut hak aksesyang telah diberikan kepada user oleh administrator.

Semogah artikel tentang Perintah DDL, DML, dan DCL pada Mysql dapat membantu teman-teman dalam pembuata database di Mysql.
Salam Sukses..

Ditulis Oleh : Unknown

Terimakasi atas kunjungan teman-teman...
Bila artikel ini sangat bermanfaat, sobat dapat bagikan ke teman-teman yang lain melalui jejaring sosila yang ada di bawah ini!!
Jangan lupa tinggalkan komentarnya...
Berbagi di :

BACA JUGA :

2 comments: