Cara membuat database di CMD dan Xampp

Tiba saatnya blog semukan akan berbagi tentang Cara membuat database di CMD dan Xampp, setelah membahas mengenai tipe table di mysql dan beberapa tipe data pada database mysql yang berada di artikel-artikel sebelumnya. saya rasa teman-teman sudah membaca dan memahaminya.

Artikel ini hanya akan menjelaskan cara membuat database di CMD dan Xampp menggunakan browser, jadi untuk selebihnya teman-teman bisa lihat artikel selanjutnya karen disini blog semukan menjelaskan secara pelan-pelan agar teman-teman lebih memahami.

Sebelum saya memulai bagaimana Cara membuat database di cmd dan xampp saya akan jelaskan sedikit mengenai Mysql. Teman-teman dapat mulai bagian penting, menggunakan MySQL untuk menyimpan data. Untuk ini, teman-teman akan menggunakan SQL (Structured Query Language). SQL adalah bahasa khusus yang memungkinkan programmer untuk mengeluarkan instruksi atau 'query' ke database.

Cara membuat database di CMD dan Xampp
Membuat database Mysql melalui cmd memang sedikit sulit dibandingkan membuat database langsung menggunakan browser karena disitu sudah menggunakan mode GUI (Graphical User Interface) tanpa harus mengetikan perintah SQL.

Jadi untuk memulai saya harap teman-teman sudah menginstall xampp di laptopnya, namun bagi yang belum menginstall bahkan tidak memiliki softwarenya silahkan download di situs resmi xampp.

ok teman-teman kita langsung saja ke Tkp.

Membuat database mysql melali CMD

1. Pastikan xampp sudah bisa berjalan dengan baik

2. Jalankan xampp yang ada di laptop teman-teman kemudian klik start pada mysql dan apache pastikan button start berubah menjadi stop yang menandakan bahwa mysql teman-teman sudah bejalan. untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah

Cara membuat database di CMD dan Xampp

3. Silahkan tekan di keyboard windows+R  dan masukkan kata CMD kemudia ok atau bisah juga klik logo windows yang berada di kiri bawah - all program - Accessoris - Commant prompt.

4. nah, setelah masuk di halaman comman prompt (cmd) saatnya kita masuk di mysql, ketikan perintah dibawah ini dan untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah


Cara membuat database di CMD dan Xampp

5. Setelah masuk di mysql, saatnya membuat database dengan ketikan perintah dibawah ini, untuk lebih jelas lihat gambar dibawahnya.


Cara membuat database di CMD dan Xampp

Ket.
    Ganti kata semukan dengan nama databases yang teman-teman inginkan
    show databases: digunakan untuk menampilkan database yang telah kita buat

6. Sampai disini teman-teman sudah berhasil membuat databases, nah kalau ingin menghapus database yang telah kita buat, ketikan perintah di bawah ini. untuk lebih jelas lihat gambar.

Cara membuat database di CMD dan Xampp
 membuat database mysql di cmd selesai, kita lanjut menggunakan xampp di localhost.

Membuat database mysql melalui localhost

1. pastikan teman-teman sudah menerapkan langkah-langkan no 1 dan 2 yang berada pembuatan database mysql melalui CMD

2. buka browser teman-teman, disini saya menggunakan browser mozilla firefox dan xampp 1.8.1

3. ketikan pertintah dibawah untuk masuk di localhost


4. pilih English untuk menggunakan bahasa inggris

5. kemudian pilih phpMyadmin
Cara membuat database di CMD dan Xampp

6. Pilih database yang berada di kiri atas untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah no 7

7. Pada kolom inptu create database isi sesuai dengan nama database yang teman-tema inginkan

Cara membuat database di CMD dan Xampp

8. Selesai

untuk membuat databases mysql menggunakan cmd  dan xampp saya rasa cukup jelas, namun untuk membuat tabel dan sebagainya. teman-teman bisa lihat artikel selanjutnya, disini saya shere pelan-pelan saja, kata geisah.. :D

Ditulis Oleh : Unknown

Terimakasi atas kunjungan teman-teman...
Bila artikel ini sangat bermanfaat, sobat dapat bagikan ke teman-teman yang lain melalui jejaring sosila yang ada di bawah ini!!
Jangan lupa tinggalkan komentarnya...
Berbagi di :

BACA JUGA :

2 comments:

  1. The dachshund was bred in Germany hundreds of years ago to hunt badgers. https://www.poodlespring.com/ "Dach" means badger and "hund" means dog. The three varieties of dachshund, smooth-,As family dogs, dachshunds are loyal companions and good watchdogs.
    https://Greenlandpuppies.com They are good with children if treated well. They can be slightly difficult to train. Dachshund puppies for sale wire-,and long-coated, originated at different times. The smooth was the first and arose from a mixture of a miniature French pointer and a pinscher. The breed also comes in two sizes: standard and miniature, with the standard the original size.
    The dachshund has short, strong legs that enable the dog to dig out prey and go inside burrows. Larger versions of the breed were used to chase deer or fox..
    Smaller dachshunds Dachshund puppy for sale were bred for hunting hares and ferrets.
    The breed is still used for hunting, primarily in Europe, nine in dachshunds puppies for sale ches in height.All three types are known
    The dachshund's coat may be shades of red, black, chocolate, white or gray. Some have tan markings or are spotted or dappled. Dachshunds live about 12 to 15 years. toy poodle for sale espite their size, dachshunds are known for their courageous nature and will take on animals much larger than themselves. Some may be aggressive toward strangers and other dogs
    Some dachshund fanciers say there are personality differences among the different varieties of the breed. For instance, the long-coat dachshund is reportedly calmer teacup poodles for sale than the smooth-coat variety,

    ReplyDelete