sejarah command prompt (cmd)

Kali ini saya akan shere mengenai sejarah adanya command prompt (cmd) | mungki bagi sobat yang sedang menekuni dunia ilmu komputer terutama windows, mungkin kata Command Prompt (cmd) sudah tidak asing lagi.

Command Prompt (executable cmd.exe) adalah command-line interpreter yang disediakan Microsoft pada OS / 2, Windows CE dan pada sistem operasi Windows NT-based (termasuk Windows, Windows 2000, Windows XP, Windows Vista, Windows 7 dan Windows Server 2003).

Therese Stowell mengembangkan versi awal cmd.exe untuk Windows NT. Walaupun beberapa perintah DOS tidak didukung atau sudah diubah (misalnya fungsi deltree digabung kedalam rd dalam bentuk parameter / s ), cmd.exe masih memiliki lebih banyak perintah built-in.
sejarah adanya command prompt (cmd)

Versi cmd.exe pada OS/2 dan Windows NT memiliki pesan kesalahan yang lebih rinci dibandingkan dengan "Bad command or file name" (dalam hal salah perintah) dari command.com. Pada versi cmd.exe OS/2 pesan kesalahan dilaporkan dengan bahasa sistem yang dipakai , teksnya diambil dari sistem pesan file.

Perintah Bantuan kemudian dapat dikeluarkan dengan pesan nomor kesalahan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

cmd.exe tetap menjadi bagian dari Windows Vista, Windows Server 2008, dan Windows 7. Tidak seperti COMMAND.COM, yang merupakan program DOS, cmd.exe adalah sebuah program asli untuk platform. Hal ini memungkinkan untuk memanfaatkan fitur yang tersedia untuk program asli pada platform yang tidak tersedia untuk program DOS.

Sebagai contoh, karena cmd.exe adalah sebuah aplikasi mode teks asli pada OS / 2, bisa menggunakan nyata Pipeline (Unix) | pipa di jaringan pipa perintah, sehingga kedua sisi pipa untuk menjalankan secara bersamaan. Sebagai hasilnya, dimungkinkan untuk mengarahkan standard error di cmd.exe, tidak seperti COMMAND.COM.

Pada kenyataannya, cmd.exe adalah program Windows yang bertindak sebagai interpreter perintah DOS seperti garis. Hal ini umumnya kompatibel, tetapi memberikan ekstensi yang menangani keterbatasan command.comCOMMAND.COM:

SETLOCAL / ENDLOCAL perintah membatasi ruang lingkup perubahan lingkungan
CALL internal dan TO GO label mengurangi kebutuhan untuk file batch individu untuk melakukan bagian dari tugas.

sejarah adanya command prompt (cmd) semoga bermamfaat..!!!!

Ditulis Oleh : Unknown

Terimakasi atas kunjungan teman-teman...
Bila artikel ini sangat bermanfaat, sobat dapat bagikan ke teman-teman yang lain melalui jejaring sosila yang ada di bawah ini!!
Jangan lupa tinggalkan komentarnya...
Berbagi di :

BACA JUGA :

No comments:

Tambahkan Komentar